https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
NILAI MORAL DALAM NOVEL KAKI LANGIT TALUMAE KARYA WISHNU MAHENDRA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA | - | SURYA BAHTERA

NILAI MORAL DALAM NOVEL KAKI LANGIT TALUMAE KARYA WISHNU MAHENDRA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA

Whinta -

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Kaki Langit Talumae, (2) nilai moral novel Kaki Langit Talumae, dan (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan novel Kaki Langit Talumae karya Wishnu Mahendra di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Artinya, peneliti membahas dan mengkaji novel tidak menggunakan angka, tetapi menekankan pada deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Kaki Langit Talumae saling berkaitan dengan nilai moral yang terdapat di dalamnya, (2) nilai moral novel Kaki Langit Talumae karya Wishnu Mahendra mencakup Tiga aspek, yaitu: (a) hubungan manusia dengan diri sendiri; (b) hubungan manusia dengan manusia lain; (c) hubungan manusia dengan Tuhan-Nya, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kaki Langit Talumae karya Wishnu Mahendra menggunakan model pembelajaran active learning. Langkah-langkah model pembelajaran active learning, yaitu: (a) guru menyampaikan tujuan pembelajaran; (b) guru menyampaikan materi; (c) guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok; (d) guru membimbing kelompok bekerja dan belajar; (e) siswa mempresentasikan hasil diskusi dan siswa lain menanggapi; dan (f) guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi.

Kata Kunci: nilai moral, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.